WNI Hebat di Balik Dinding Universitas Waseda

Pernah mendengar kisah tentang seorang WNI yang menjadi dosen di Universitas Waseda? Menurut saya, beliau adalah putra bangsa yang sangat hebat. Tapi, sebelum saya membahas tentang siapakah professor tersebut, saya akan membahas sedikit mengenai Universitas Waseda yang tentu saja saya peroleh dari internet, gudang ilmu tak terbatas yang dapat di akses kapan saja.

Douzo (silahkan)….

Universitas Waseda

Universitas Waseda (早稲田大学 Waseda Daigaku; atau disingkat 早大 Soudai) adalah salah satu dari dua universitas swasta paling prestisius di Jepang (satunya lagi adalah Universitas Keio) sementara dua universitas negeri paling prestisius adalah Universitas Tokyo dan Universitas Kyoto. Waseda terletak di daerah Shinjuku di Tokyo. Waseda terkenal dengan kalimat liberalnya yang disimbolkan dengan mottonya “Independence of Learning” atau “Kebebasan Belajar”.

Waseda didirikan oleh seorang samurai terpelajar bernama Okuma Shigenobu pada 1882, dan menjadi universitas penuh pada 1902. Hampir sebagian besar dari kampusnya hancur oleh serangan bom pada masa Perang Dunia II namun dibangun dan dibuka kembali pada 1949. Program sastra Waseda sangat terkenal, dan lulusannya termasuk Haruki Murakami dan Tawara Machi.

Waseda juga dikenal sebagai tempat lahirnya politisi Jepang. Enam perdana menteri Jepang pasca-perang adalah lulusan Waseda: Ishibashi Tanzan (1956 – 1957), Takeshita Noboru (1987 – 1989), Kaifu Toshiki (1989 – 1991), Obuchi Keizo (1998-2000), Mori Yoshiro (2000-2001), dan perdana menteri yang sekarang, Fukuda Yasuo (2007-sekarang).

Alumninya juga termasuk bermacam pemimpin korporasi besar seperti Ibuka Masaru (salah satu pendiri Sony), Ohmae Kenichi (pendiri dan ex-Senior Partner dari McKinsey & Co Japan, Lee Kun-Hee (Chairman dari Samsung), Fukui Takeo (CEO dari Honda) dan lain-lain.

Sekian sekilas mengenai Universitas Waseda, mungkin jika dimisalkan Universitas Tokyo adalah Universitas Indonesia dan Universitas Waseda adalah Universitas Gunadarama (membanggakan kampus sendiri..hehehe).

Baiklah berikut ini adalah sedikit profile dari sang “Dosen Universitas Waseda” yang saya peroleh dari internet (lagi).

Ken Kawan Soetanto

Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto alias Chen Wen Quan (lahir di Surabaya tahun 1951) adalah seorang profesor di School of International Liberal Studies (SILS) dan mantan Dekan Urusan Internasional Divisi Waseda University, dimana ia juga Direktur Klinik Pendidikan dan Science Research Institute (CLEDSI). Sejak tahun 2005 ia juga menjadi profesor di Venice International University, Italia. Sebelumnya menjabat posisi fakultas di Amerika Serikat pada Universitas Drexel dan di Fakultas Kedokteran Universitas Thomas Jefferson.

Dr Soetanto adalah pakar yang memegang empat gelar doktor dalam disiplin ilmu yang terpisah (Rekayasa, Kedokteran, Farmasi Sains dan Pendidikan), dan penelitian pada latar belakang yaitu bidang interdisipliner dari bidang kempat ini. Ia telah mempublikasikan secara luas di beberapa bidang, terutama psikologi, pendidikan, pedagogi, mekanisme motivasi, obat-obatan, DDS, pengukuran dan peralatan, serta rekayasa biomedis.

Metode perkuliahannya unik dan sangat memotivasi, telah banyak didokumentasikan di Jepang dan lebih jauh sebagai ‘Soetanto Metode’ dan ‘Soetanto Efek’.

Dia adalah anggota fellow dari Society Akustik of America, dan The American Institute of Ultrasound Kedokteran, serta anggota senior IEEE, dan telah menjabat sebagai penasihat pemerintah untuk Jepang Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, dan sebagai anggota dari Visi Pemerintah Jepang inisiatif abad ke-21.

Pendidikan

  • SD Ta Chung, SD Shi Hwa, SD Ming Jiang di Surabaya
  • SMP Chung Chung di Surabaya
  • SMA Chung Chung di Surabaya
  • Sarjana Teknik dari Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo (Tokyo University of Agriculture and Technology), Jepang (1977)
  • Doktor Aplikasi Rekayasa Elektronika dari Tokyo Institute of Tecnology, Jepang (1985)
  • Doktor Ilmu Kedokteran dari University of Tohoku, Jepang (1988)
  • Doktor Ilmu Farmasi dari Science University of Tokyo, Jepang (2000)
  • Doktor Ilmu Pendidikan dari University of Waseda, Jepang (2003)

Karier

  • Associate Professor di Universitas Drexel, Philadelphia, AS (1988-1993)
  • Adjucnt Associate Professor di Universitas Thomas Jefferson, Philadelphia, AS (1989-1993)
  • Guru Besar di Toin University of Yokohama, Jepang (1993-2002)
  • Guru Besar di Universitas Waseda, Jepang (2003-sekarang)
  • Guru Besar di Universitas Internasional Venice, Italia (2005-sekarang)
  • Komite Evaluasi di Institut Teknologi Tokyo, Jepang (1997-1999)

Penghargaan

  • Outstanding Achievement Awards in Medicine and Academia dari Pan Asian Association of Greater Philadelphia, AS
  • Profesor Riset Terbaik dan Profesor Mengajar terbaik selama tujuh tahun berturut-turut (1994-2000) dari Toin University of Yokohama, Jepang
  • Pemegang rekor empat gelar doktor di Jepang; Eng.D. Med.D., Pharm.D., dan Ed.D. (sejak tahun 2003)

Wah, melihat biografinya saja kita sudah pasti tahu kalau beliau adalah orang yang hebat. Salah satu perkataan beliau yang saya ingat (setelah menontonnya di salah satu program televisi) adalah “Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?”. Beliau telah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga mampu dalam hal pendidikan dan tidak kalah dengan bangsa lain. Dan yang paling membuat saya salut adalah beliau yang masih mempertahankan kewarganegaraan Indonesianya meskipun sudah bertahun-tahun atau bahkan sudah tiga puluh tahun lebih menetap di Jepang. Kapan saya bisa seperti beliau? Who knows…maybe, if I worked hard, I will be…

Sumber : Wikipedia

2 thoughts on “WNI Hebat di Balik Dinding Universitas Waseda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s