Asimo

Robot, teknologi canggih ini mulai berkembang sangat esat. Saat ini, bahkan di Indonesia kompetisi robot mulai dari skala nasional dengan tingkat peserta anatar pelajar baik SD, SMP dan SMA mulai marak dilakukan, dan hasilnya tidak mengecawakan. Akan tetapi, teknologi robot termaju tentu saja ada di negara-negara maju, salh satunya Jepang. Negeri mtahari terbit ini memang nggak ada matinya. Saat ini bahkan sudah terdapat android canggih yang digunakan sebagai pelayan, bahkan pengganti pembawa acara berita di telivisi. Tetepi, perkembangan robot sesungguhnya di Jepang dimulai dsri diperkenalkannya ASIMO robot canggih yang dikeluarkan HONDA di awal tahun millennium (2000). Sekarang pun, asimo terus di upgrade sehingga menjadi lebih baik.

Asimo (アシモ, adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda . Berdiri di 130 sentimeter (4 kaki 3 inci) dan berat 54 kilogram (119 pon), robot kecil menyerupai astronot memakai ransel dan bisa berjalan atau berjalan pada dua kaki dengan kecepatan sampai dengan 6 km /) 3,7 jam (mph, pencocokan Hitachi ‘s EMIEW) .

Pembuatan

Asimo diciptakan di Honda’s Research & Development Wako Fundamental Technical Research Center di Jepang. Ini adalah Model yang sekarang merupakan model dalam garis dua belas yang dimulai pada tahun 1986 dengan E0. Asimo menyerupai seorang anak dalam ukuran dan merupakan robot yang paling mirip manusiayang telah dibuat HONDA sejauh ini. Robot memiliki 7 DOF ( Derajat kebebasan ) di setiap lengan – dua sendi dari 3 DOF, bahu dan pergelangan tangan, memberikan ” Enam derajat kebebasan “dan 1 DOF di siku; 6 DOF di setiap kaki – 3 DOF di selangkangan, 2 DOF di pergelangan kaki dan 1 DOF pada lutut, dan 3 DOF pada sendi leher. The hands have 2 DOF — 1 DOF in each thumb and 1 in each finger. Tangan memiliki 2 DOF – 1 DOF di setiap ibu jari dan 1 di jari masing-masing. This gives a total of 34 DOF in all joints. Hal ini memberikan total 34 DOF di semua sendi.

Name Nama

Nama ini merupakan singkatan dari ” A dvanced S tep in I nnovative MO bility “. Majalah online, The Future Of Things (TFOT), menyatakan bahwa Honda tidak menamai robot berdasarkan referensi penulis fiksi sains dan penemu Tiga Hukum Robot , Isaac Asimov . Nama Asimo juga merupakan permainan kata yang berarti “kaki”.

アシ (ashi) biasanya diterjemahkan sebagai “kaki”, tetapi juga dapat mengacu pada bagian kaki dari lutut ke bawah dan モ (mo) adalah partikel yang berarti “juga” atau “terlalu”, sehingga Asimo (アシモ ashimo) diterjemahkan secara kasar dapat berarti “juga memiliki kaki” sebagaimana layaknya sebuah robot dengan kaki. Transliterasi dari アシモ sebagai “ASIMO” menggunakan sistem Kunrei dari romanisasi lebih akrab daripada sistem Hepburn romanisasi yang membuat sebagai “ashimo”. Dalam kedua kasus itu harus diucapkan “ah dia memotong” agar sesuai pengucapan asli Jepang.

Pada Februari 2009, terdapat lebih dari 100 unit Asimo. Setiap biaya di bawah ¥ 100,000,000 ($ 1 juta USD) untuk memproduksi.

Asimo

  • Asimo diperkenalkan pada tahun 2000

ü  Asimo untuk disewa diresmikan pada tahun 2001

ü  Asimo cerdas diresmikan pada tahun 2002

  • next-gen Asimo diperkenalkan pada tahun 2004
  • Asimo terbaru diresmikan pada tahun 2005

ASIMO dapat dioperasikan dari workstation dan juga dengan pengontrol jarak jauh. Honda juga telah menciptakan sebuah CPU 3D untuk daya ASIMO yang terdiri dari tiga ditumpuk mati : prosesor, pengubah sinyal dan beberapa memori. Asimo menjalankan sistem operasi VxWorks.

Spesifikasi

Model 2000 2004 2005
Massa 52 kg 54 kg
Tinggi 120 cm 130 cm
Lebar 45 cm 45 cm
Kedalaman 44 cm 37 cm
Kecepatan berjalan 1.6 km / jam 2.5 km / jam 2.7 km / jam
1.6 km / jam (membawa 1 kg)
Kecepatan berlari 3 km / jam 6 km / jam (lurus)
5 km / jam (melingkari)
Waktu Airborne 0,05 detik 0,08 detik
Baterai Nickel metal hydride
38.4 V / 10 Ah / 7.7 kg
4 jam untuk mengisi penuh
Lithium ion
51.8 V / 6 kg
3 jam untuk mengisi penuh
Waktu beroperasi secara terus- menerus 30 menit 40 menit untuk 1 jam (berjalan)
Derajat Kebebasan 26 (dua di kepala, lima di lengan masing-masing, enam di kaki masing-masing, satu per tangan) 34 (tiga di kepala, tujuh di lengan masing-masing, dua di masing-masing tangan, satu di batang tubuh, enam di kaki masing-masing)

Sumber : Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s