LeT’s CoOkInG!!! (OYAKODON)

Suka masakan Jepang? Tahu nggak apa saja masakan Jepang? Mungkin yang biasa kita makan seperti ramen, takoyaki, sushi, shabu-shabu, dorayaki, yakiniku atau tempura. Tapi, ada yang tahu makanan Jepang yang satu ini nggak? DONBURI, ya, di Indonesia pasti ada restoran Jepang yang menyediakan makanan ini. Tapi, masih agak jarang. Kali ini, saya akan memberi tahu salah satu resep donburi yang sangat mudah dibuat. Mau tahu? Tunggu dulu…

Sebelumnya, saya akan memberi tahu, apa sih Donburi itu? Donburi adalah masakan Jepang berupa sajian nasi putih panas di dalam mangkuk yang berisi ikan, daging atau sayuran yang disiram dengan saus. Donburi ada bermacam-macam jenis, dan sesuai isi lauknya. Biasanya, saus utama dalam donburi dibuat dari campuran shoyu (kecap asin), mirin dan sake masak. Donburi adalah jenis makanan yang sangat terkenal karena cara membuatnya mudah, cepat dan rasanya nikmat. Jenis-jenis donburi yang amat populer antara lain :

  • oyakodon (donburi berisi ayam, telur dan bawang)
  • unadon (donburi berisi daging belut bakar)
  • tekkadon (donburi berisi irisan ikan tuna atau salmon mentah/sashimi)
  • katsudon (donburi berisi daging babi goreng)
  • tendon (donburi berisi tempura yang umumnya berupa udang dan cumi-cumi)
  • gyuudon (donburi berisi daging sapi dan bawang bombay)
  • tamagodon (donburi berisi telur dadar yang dibubuhi saus manis)
  • tenshindon (donburi berisi omelet kepiting)
  • chuukadon (donburi berisi tumis sayuran dan daging)
  • inoshishidon (donburi berisi daging babi hutan)
  • butadon (donburi berisi daging babi tumis), dll

Karena kebetulan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebagian besar donburi diatas cukup sulit didapat, kita akan membuat donburi yang paling mudah dibuat, yaitu OYAKODON!!!!

Oyakodon diartikan harfiah sebagai donburi orang tua dan anak. Oyakodon merupakan sajian nasi mangkuk yang di dalamnya berisi potongan daging ayam, daun bawang dan telur. Nama oyako (orang tua dan anak) sendiri merupakan istilah puitis yang diambil karena sajian ayam dan telur di dalam hidangan ini. Menu oyakodon ini banyak dijumpai di restoran tradisional Jepang maupun restoran soba (mie Jepang).

Ok, sekian perkenalannya. Let’s Cook!!

Bahan-bahan : (untuk 2 porsi)

§  Telur 2 butir

§  Paha ayam/ayam filet (tanpa tulang) 1 lembar [200gr]

§  Bawang Bombay ¼ buah

§  Nasi putih hangat 2 mangkuk

§  Shoyu (kecap asin)

§  Mirin (karena mirin mengandung alkohol, untuk muslim bahan ini bisa tidak dipakai atau bisa diganti dengan minyak wijen)

§  Gula pasir

Cara membuat :

§  Iris bawang Bombay tipis-tipis. Potong daging ayam dalam bentuk dadu sekitar 2 cm.

§  Siapkan wajan, tuangkan air putih 2/3 gelas, lalu tambahkan 2-3 sendok makan shoyu, 1 sendok makan mirin, dan satu sendok teh gual pasir.

§  Panaskan dengan api sedang. Setelah mendidih, masukkan daging ayam dan bawang bombay yang sudah dipotong. Aduk-aduk selama 3 menit hingga matang.

§  Sementara itu kocok telur didalam mangkuk dengan cara mengaduknya 10 kali. Ingat! Jangan mengocoknya seperti membuat telur dadar.

§  Siram setengah bagian telur kocok ke atas daging dan bawang yang sudah matang dengan menuangkannya sedikit-sedikit menggunakan sendok besar.

§  Ratakan ke seluruh permukaan daging hingga matang. Tuangkan sisa telur kocok, diamkan selama 20-30 detik, lalu angkat dalam keadaan telur setengah matang.

§  Sajikan dengan nasi putih.

Bagaima? Mudah kan membuatnya? Kalau kamu bosan sama masakan Jepang yang itu-itu saja. Nggak ada salahnya mencoba makanan yang satu ini. Atau bahkan membuatnya. Karena bahannya mudah di dapat dan nggak bikin kantong jebol sedalam lautan (LEBAY mode ON). Dan yang pasti dijamin mak nyosss (promosi CLING!!). Selamat mencoba…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s