ALaSkA

Alaska adalah negara bagian Amerika Serikat ynag ke-49. Luas wilayahnya mencapai 1.717.654 kilometer persegi. Angka ini membuatnya menjadi negara bagian Amerika Serikat yang terluas. Awalnya Alaska adalah milik Rusia, namun pad tahun 1867, wilayah ini berpindah tangan ke Amerika Serikat. Alaska memiliki wilayah geografis yang beragam, ada wilayah yang memiliki banyak sungai, ada juga wilayah yang memiliki banyak gunung berapi. Selain itu, Alaska juga memiliki banyak tanaman dan hutan nasional tempat kehidupan liar yang dibiarkan tanpa diusik.

Penduduk asli Alaska adalah suku Inuit. Awalnya mereka adalah suku yang hidup secara nomaden. Mereka hidup dengan berburu hewan-hewan laut seperti paus, anjing laut, singa laut, hingga beruang laut. Inuit diperkirakan tiba di Kanada dan kemudian di Alaska pada abad ke-13. Di sinilah mereka bertemu dengan orang-orang Eropa dan mulai berinteraksi.

Alaska memiliki sejumlah hewan khas. Hewan-hewan ini dilindungi pemerintah. Hewan-hewan tersebut antara lain :

Elang Botak (Haliaeetus leucocephalus)

Elang jenis ini hidup dengan memangsa hewan-hewan kecil seperti tikus, burung-burung kecil dan ikan. Mereka tinggal di lembah, pegunungan, sekitar sungai ataupun danau.

Puffin (Fratercula artica)

Puffin adalah jenis burung laut. Ia memiliki sayap kecil yang digunakan untuk berenang dan menyelam di laut. Sayap itu tidak bisa digunakan untuk terbang. Puffin hidup dalam kelompok yang besar. Mereka biasanya tinggal di karang-karang tepi laut.

Beruang Grizzly (Ursus arctors)

Spesies beruang ini memiliki bulu berwarna coklat kehitaman. Beratnya bisa mencapai 700 kilogram. Selain hidup dengan memakan ikan dan mamalia kecil, ia juga memakan akar tumbuhan dan jamur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s