Armadilo

Armadilo adalah satu-satunya mamalia yang memiliki kulit bersisik. Hewan ini memiliki lebih dari 20 spesies yang berbeda. Mereka banyak didapati di hutan-hutan di Amerika Selatan. Armadilo terkenal sebagai hewan penggali untuk mendapatkan makanannya. Ia memakan serangga, cacing, telur, reptile kecil, hewan amfibi hingga buah-buahan. Ada juga armadillo yang memakan ular berbisa. Namun pada umumnya ia memakan serangga yang merugikan petani.

Pandanganmata armadillo sangat buruk. Itu sebabnya ia sangat mengandalkan indera penciuman untuk mencari mangsa. Selain itu, armadillo juga memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap serangga kecil. Cakarnya yang kuat ia gunakan untuk menyobek sarang semut atau sarang serangga, sehingga ia mudah memangsa buruannya. Armadillo bisa menarik tungkai dan kukunya rapat ke dalam tubuhnya ketika berhadapan dengan bahaya. Namun armadillo berberkas tiga dari Argentina saja yang bisa melipat tubuhnya secara sempurna hingga menyerupai sebuah bola.

Salah satu jenis armadillo yang terkenal adalah armadillo berberkas Sembilan (Dasypus novemcinctus). Armadillo jenis ini adalah perenang yang baik. Ia bisa berenang di dalam air seperti halnya anjing. Armadillo ini mampu mengapung dalam air dengan cara memompakan udara ke perutnya selama berenang di air.

Sumber : Ensiklopediaku Frisian Flag

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s