BeRBaGI PeNGeTaHUaN : AbU SiMbeL

Siapa yang tak tahu Mesir. Negeri Fir’aun yang penuh dengan artefak bersejarah dan muminya yang terkenal itu memang tidak ada matinya. Terutama pada situs-situs bersejarahnya seperti piramida, spinx dan lain-lain. Akan tetapi, ada situs sejarah lain yang juga cukup terkenal di Mesir, yaitu Abu Simbel.

Abu Simbel adalah sebuah monumen di Mesir yang dibangun oleh Faraoh Ramesses II. Monumen raksasa yang berada ditepian sungai Nil ini, dibangun pada abad ke 13 SM. Monument ini diperkirakan dibangun untuk menunjukkan kekuasaan Faraoh Ramesses II kepada kerajaan lain. Di samping itu, Abu Simbel juga dibuat sebagai penghormatan kepada dewa matahari, Ra-Harakhte. Namun ada yang menduga patung ini dibuat agar orang selalu mengingat sang Faraoh.

Bagian depan Abu Simbel terdiri dari empat buah patung yang tingginya mencapai 20 meter. Di bagian bawah patung ini terdapat patung-patung yang lebih kecil. Patung-patung tersebut menunjukkan keluarga dari Ramesses II. Sementara itu, di dalam Abu Simbel terdapat delapan patung Osiris yang dipahatkan pada pilar-pilarnya. Tingga patung ini sekitar sepuluh meter. Di pusat monumen ini terdapat patung Faraoh. Patung ini akan terlihat jelas jika sinar matahari berada dalam satu garis lurus dengan lorong monumen. Hal ini hanya berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu sekitar akhir Februari dan akhir Oktober. Pada tahun 1960-an, pemerintah Mesir membangun bendungan Aswan. Proyek ini dipastikan akan merendam Abu Simbel. Karena itu, monumen ini dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Caranya, dengan memotong monumen tersebut dan menyusunnya kembali ketempat lain.

Tidak jauh dari Abu Simbel terdapat monumen Nefertari. Bangunan ini juga dibangun oleh Faraoh Ramesses II sebagai persembahan kepada Hathor, dewi kecantikan dan cinta. Kuil ini juga dipersembahkan kepada Nefertari, istri tercintanya. Bangunan ini pun mengalami pemindahan lokasi seperti Abu Simbel.

Sumber : Ensiklopediaku Bendera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s