Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci adalah seniman serba bisa. Ia tidak hanya terkenal sebagai pelukis, tetapi juga sebagai arsitek dan penemu. Leonardo lahir di kota Vini, Italia, pada tahun 1452. Lalu pada tahun 1460-an ia tinggal di Florence bersama orang tuanya. Di kota inilah ia belajar melukis pada Andrea del Verrochio.

Pada tahun-tahun berikutnya, Leonardo tertarik juga pada bidang arsitektur dan sains. Itu sebabnya ia sering membuat rancangan jembatan dan peralatan militer. Bahkan Leonardo termasuk orang yang mempelajari tubh manusia. Pada tahun 1516 ia kembali ke Perancis dan wafat pada 2 Mei 1519.

Sebagai pelukis, Leonardo membuat sejumlah karya lukis yang terkenal seperti Mona Lisa, Last Supper, Virgin of the Rocks. Selain itu, sejumlah sketsa pun dibuatnya, misalnya saja sketsa mesin terbang. Gagasan Leonardo tersebut telah terwujud menjadi helicopter. Salah satu lukisan Leonardo yang terkenal adalah Mona Lisa, yang dibuat mulai tahun 1503 hingga 1506. Lukisan ini telah berabad-abad mengundang perhatian banyak seniman. Mereka memperdebatkan sosok wanita dalam lukisan itu dan senyumnya yang misterius. Ada yang mengatakan bahwa Mona Lisa adalah versi perempuan dari Leonardo da Vinci. Akan tetapi, di beberapa negara, Mona Lisa selalu berhubungan dengan hal-hal yang berbau mistis. Bahkan hingga saat ini, Mona Lisa tetaplah menjadi suatu misteri.

Sumber : Ensiklopediaku Frisian Flag

One thought on “Leonardo da Vinci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s