Louis Pasteur

Kalau mendengar kata Pasteur, apa yang terpikir dalam benak kita? Susu? Atau tol Pasteur yang ada di kota kembang Bandung? Yang jelas, nama Pasteur adalah nama seorang penemu dengan penemuannya yang sangat terkenal yaitu proses pasteurisasi untuk mengawetkan makanan atau minuman. Siapa sih sebenarnya Pasteur, atau bapak yang memiliki nama asli Louis Pasteur itu?

Louis Pasteur lahir di Perancis pada 27 Desember 1822. Ayahnya adalah seorang veteran tentara Napoleon yang membuka usaha penyamakan kulit. Semasa kecil, Pasteur meminati lukisan. Malah ia gemar melukis teman-temannya dengan pastel. Pada tahun 1843 Pasteur masuk Ecole Normale untuk belajar menjadi guru fisika. Pada usia 25 tahun, Pasteur berhasil meraih gelar doktor. Pasteur wafat pada tanggal 28 September 1895dalam usia 73 tahun. Meskipun telah tiada, namun penemuannya, pasteurisasi, sangat bermanfaat bagi kita hingga saat ini.

Pasteurisasi adalah proses mengawetkan makanan dan minuman dengan jalan memanaskannya hanya sampai 62,8 ºC selama 30 menit. Dengan cara ini, mkiroba-mikroba yang merusak makanan akan mati.

Pasteur juga menemukan vaksin anti rabies. Penemuan ini menyelamatkan seorang anak berumur 9 tahun bernama Joseph Meister. Pada saat itu, Joseph digigit oleh seekor anjing gila di desanya. Setelah disuntik dengan vaksin anti rabies, anak itu berangsur-angsur sembuh. Vaksin anti rabies Pasteur diambil dari tulang belakang seekor kelinci yang terkena rabies. Kenyataan ini menjadikan percobaan terhadap binatang di dunia kedokteran untuk diterapkan pada manusia semakin poluler.

Sumber : Ensiklopediaku Frisian Flag

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s