MaChU PiCcHu

Peradaban manusia pada zaman dahulu sudah banyak yang terlihat maju. Misalnya legenda Atlantis, tetapi ada contoh lebih nyata dibandingkan dengan legenda yaitu salah satu pemukiman tua yang sekarang menjadi salah satu situs bersejarah dan objek wisata terkenal, yaitu Machu Picchu. Machu Picchu adalah peninggalan kebudayaan Inca Amerika Selatan, tepatnya di Peru. Machu Picchu terletak di tempat tertinggi sebelah timur pegunungan Andes. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1440. Melihat dari bukti-bukti arkeologi, Machu Piccchu bukanlah sebuah kota, namun sebuah desa kecil. Ditempat ini terdapat sisa bangunan tempat tinggal maupun pemujaan orang-orang Inca. Diperkirakan di sini pernah tinggal lebih dari 750 orang.

Sejumlah peneliti menduga bahwa Machu Picchu juga berfungsi sebagai tempat observasi pergerakan matahari. Dengan pedoman ini, suku Inca menyelenggarakan upacara keagamaan pada waktu-waktu tertentu. Namun hingga kinin tidak dapat dipastikan mengapa penduduk Machu Picchu meninggalkan tempat itu. Apakah karena penyakit, serangan musuh atau sebab lainnya. Hingga kini tidak ada catatan jelas mengenai hal tersebut.

Rancangan Machu Picchu juga dilengkapi dengan saluran irigasi. Hal ini menunjukkan bahwa suku Inca yang tinggal di sana hidup dengan bertani. Mereka menanam tanaman seperti kentang dan gandum. Untuk menghindari erosi, mereka membuat lahan berteras. Semua hasil panen pertanian ini diperkirakan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dan bukan untuk dijual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s