PoTaLa

Asia Timur adalah kawasan Asia yang paling maju diantara kawasan Asia lainnya. Terutama Jepang, Cina dan Korea. Tapi, di Asia Timur juga ada negara lain yang walaupun nggak semaju negara-negara yang disebutin tadi, tapi punya sesuatu yang unik banget lho. Negara itu adalah Tibet. Di Tibet terdapat keunikan yang menarik apalagi pada bangunan-bangunannya yang ada di tengah kota.

Salah satunya adalah Potala. Potala adalah tempat tinggal para calon pendeta Buddha. Di sini juga tinggal Dalai Lama, pemimpin agama Buddha di Tibet. Potala terletak di Lhasa Tibet. Bangunan besar ini berada di bukit Potala, 3.700 meter diatas permukaan laut. Bangunan ini memiliki banyak ruangan, baik untuk tempat tinggal para biksu maupun tempat untuk melakukan doa. Jika berjalan-jalan ke dalamnya, kita bisa melihat berbagai lukisan yang indah dan penuh makna di sebagian besar dinding bagian dalamnya.

Potala mulai dibangun pada abad ke tujuh oleh Songtsan Gambo, pendiri kerajaan Tubo. Bangunan ini dibuat sebagai peringatan perkawinannya dengan Putri Wencheng dari dinasti Tang.bagunan yang terlihat sekarang didirikan dalam beberapa tahap. Bagian tertinggi Potala misalnya, baru dibangun pada tahun 1690. Sebagian besar Potala dihiasi oleh patung-patung emas dengan ornamen-ornamen yang sangat berharga. Bahkan bagian atap Potala pun dilapisi emas. Tinggi Potala lebih dari 117 meter. Potala memiliki 1.000 ruangan. Untuk membangun Potala dibutuhkan sekitar 7.000 pekerja dan 1.500 seniman.

Bangunan ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu Gedung Putih dan Gedung Merah. Di Gedung Putih banyak dilakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan keagamaan. Sedangkan Gedung Merah merupakan tempat untuk menjalankan kegiatan keagamaan. Di sini disimpan kitab-kitab penting dan stupa-stupa untuk menghormati Dalai Lama yang telah wafat.

Sumber : Ensiklopediaku Bendera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s