SaHaRa

Sahara adalah padang gurun yang terletak di sebelah utara Afrika. Luasnya mencapai 9.000.000 kilometer persegi. Seperempat permukaannya terdiri dari pasir. Iklim di Sahara terbagi menjadi dua bagian. Pertama, bagian utara yang beriklim subtropics kering dan di bagian selatan dengan iklim tropis yang kering. Sahara memiliki curah hujan yang sangat kecil, sekitar 7,6 sentimeter per tahun. Sering terjadi, hujan turun hanya dua kali dalam seminggu. Hujan berikutnya akan turun dua tahun kemudian.

Meski iklim Sahara sangat kering, namun sejumlah hewan bisa tetap hidup di sini. Hewan-hewan tersebut diantaranya adalah unta, landak, gazelle, mangoose, burung unta dan hyena. Hewan di Sahara sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Beberapa jenis hewan bersembunyi di bawah permukaan pasir untuk melindungi diri dari panas matahari. Baru pada malam hari, mereka keluar untu mencari mangsa. Di tempat yang tidak ada air, hewan-hewan itu memperoleh cairan dari mangsa yang dimakannya.

Di Sahara tinggal suku nomaden bernama Tuareg. Suku ini hidup dengan memelihara ternak seperti kambong, unta, domba dan keledai. Selain diambil dagingnya, ternak-ternak itu diambil susunya untuk berbagai keperluan. Suku Tuareg sudah menjelajahi Sahara sejak 2.000 tahun yang lalu. Untuk bertahan, suku ini memakai pakaian khusus yang berlapis-lapis. Hal ini dimaksudkan agar keringat tidak menguap, dan kelembapan kulit dapat terjaga.

Sahara yang merupakan slah satu gurun terindah di dunia ini telah menarik wisatawan dengan pesona keindahannya. Terbukti saat ini Sahara telah menjadi salah satu objek wisata yang terkenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s