SeGiTiGa BeRmUda

Segitiga Bermuda, mendengar nama ini pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah hal-hal yang tak jauh dari berbau mistis atau misteri. Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah yang dibentuk oleh tiga titik tempat, yaitu Miami di Florida, Amerika Serikat, San Juan di Puerto Rico dan Bermuda.

Sejak dulu wilayah ini dianggap berbahaya bagi pelayaran maupun penerbangan. Anggapan ini didasarkan pada catatan hilangnya sejumlah pesawat maupun kapal secara misterius di wilayah ini. Tidak heran jika kemudian muncul banyak dugaan dan teori mengenai wilayah tersebut.

Salah satu tragedy yang terjadi di Segitiga Bermuda adalah kisah Penerbangan 19 (Flight 19). Pada peristiwa yang terjadi di tahun 1945 ini, lima buah pesawat Avenger pembom milik angkatan udara Amerika Serikat hilang tanpa jejak. Diperkirakan kelima pesawat itu mengalami kecelakaan dan terjatuh di laut. Namun penyebab yang pasti belum diketahui. Kisah lainnya adalah hilangnya pesawat DC-3 dengan 32 penumpangnya di perairan Florida. Pesawat itu pun tidak ditemukan.

Para ahli mencoba membuat perkiraan tentang Segitiga Bermuda. Perkiraan tersebut di antaranya adalah arus laut. Teori ini menyebutkan, arus laut sangat kuat, ada yang mencapai 5 mil per jam. Kekuatan ini bisa menyeret kapal hingga bermil-mil jauhnya. Perkiraan lainnya adalah cuaca tropis. Di sini banyak terjadi badai yang sangat kuat. Badai itu terbentuk dengan cepat tanpa bisa diduga. Kekuatan inilah yang bisa menghancurkan pesawat atau kapal yang melintas di Segitiga Bermuda. Akan tetapi, apapun teori dan anggapan yang dibuat dan dikemukakan oleh para ahli dan peneliti Segitiga Bermuda tetaplah sebuah misteri yang tak terpecahkan.

Sumber : Ensiklopediaku Bendera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s