Tugas : SISTEM INFORMASI

Pengalaman saya dalam membuat suatu sistem informasi contohnya adalah, sistem informasi karya ilmiah untuk tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di semester dua sebagai latihan awal menuju penelitian ilmiah yang akan benar-benar saya (kami, mahasiswa Gunadarma) hadapi di semester enam mendatang.

Dalam sistem informasi karya ilmiah ini, ada empat operasi dasar sistem informasi yang saya lakukan. Antara lain, pengumpulan data, pengolahan, menyimpan dan mendistribusikan informasi dari data yang telah saya kumpulkan.

Dalam hal penyimpanan data, saya tidak memperoleh kendala yang berarti. Kendala terbesar yang saya alami yaitu pada saat harus mengolah data yang telah saya kumpulkan. Karena saya mengumpulkan data dengan cara pencarian melalui artikel-artikel dan beberapa survey dan poling yang ada pada media internet (berhubung tema harus masih berhubungan dengan pendididkan Kewarganegaraan) dan bukan secara langsung seperti menyebarkan quisioner, saya cukup sulit dalam mengolah data yang dapat dikatakan tidak berbeda. Karena artikel dimanapun pasti akan berpendapat dan mengatakan hal yang sama untuk menilai suatu berita. Sedangkan dengan quisioner, saya dapat memperoleh jawaban yang lebih obyektif, karena pendapat setiap orang belum tentu sama. Saya hanya sedikit terbantu dari hasil survey yang saya dapatkan, walaupun yang saya dapat sangat sedikit.

Akan tetapi, saya cukup menyukai saat harus mempresentasikan karya ilmiah yang saya buat (mendistribusikan informasi yang telah saya kumpulkan). Karena, saya telah berhasil memberikan informasi yang mungkin belum diketahui oleh teman-teman saya dan saya sangat senang denga respon mereka yang sangat bagus dengan apa yang telah saya sampaikan.

Berhubung ini hanya latihan, dan temanya memang sangat bertolak belakang dengan jurusan yang saya ambil, tetapi bagi saya tugas dari dosen pendidikan Kewarganegaraan ini telh memberikan saya sedikit gambaran dalam menyusun karya ilmiah. Walaupun apa yang akan saya buat untuk penelitian ilmiah nanti lebih kepada membuat suatu program, tetapi saya telah mengetahui sedikit banyak cara untuk menyusun karya ilmiah dari segi sistematika penyusunannya.

Tinggalkan Balasan

