TUGAS SOFTSKILL [Membuat Logo]

TUGAS SOFTSKILL [Membuat Logo]

DOSEN : Suryarini Widodo

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

  • Alief Samudra Akbar   (51409021)
  • Dewi Indah Prastuti    (54409482)
  • Triyana Putri               (52409007)

KELAS : 3 IA07

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo yang dibuat oleh kelompok kami adalah logo sederhana, dengan bentuk sederhana dan mungkin memiliki filosofi yang sederhana pula, yaitu logo yang berkaitan dengan makanan dan restoran. Kenapa logo makanan? Karena, lebih terkonsep. Maksudnya, kita cukup menyesuaikan bentuk logo dengan makanan yang dijual disuatu restoran.

Dari satu logo ini, kita sudah memiliki satu tema yang jelas, dan kita dapat menggunakan untuk membuat desain lainnya seperti desain poster, banner, bahkan desain web yang tentu saja memuat spesifikasi yang sesuai dengan logo yang telah dibuat (logo restoran).

Logo yang dibuat oleh kelompok kami adalah sebagai berikut :

Berikut penjelasan mengenai logo tersebut :

Logo ini, kami buat salah satunya karena penjelasan diatas. Yaitu makanan mudah direpresentasikan dalam bentuk logo. Kenapa pizza? Karena pizza adalah salah satu makanan yang sudah familiar dibelahan dunia manapun, bahkan di Indonesia.

Logo ini adalah logo yang mewakili suatu restoran pizza (khayalan kami) dengan nama amigo Pizza. Amigo sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya “sahabat”. Sehingga, amigo Pizza memiliki arti Pizza untuk sahabat. Logo ini memiliki motto “Pizza for sharing” dimana amigo Pizza berusaha menampilkan suatu gambaran restoran yang ditujukan untuk semua orang dari semua kalangan, dan memberikan informasi bahwa amigo Pizza merupakan tempat dimana konsumen dapat berbagi dengan orang-orang yang disayanginya. Logo ini mungkin terlihat sangat sederhana karena hanya terdiri dari lingkaran dan tulisan. Akan tetapi, logo ini memiliki makna yang cukup mendalam.

Untuk lebih mengenal dan mengetahuinya, kami akan menjelaskan makna yang terkandung dalam logo ini.

Dari segi bentuk :

Logo yang dibuat dengan aplikasi corel draw ini, sebenarnya terdiri atas dua buah lingkaran utama berwarna merah dan hitam. Makna dari lingkaran ini adalah simbol keutuhan, kebersamaan dan persatuan. Seperti pada mottonya “Pizza for sharing”, lingkaran disini diartikan sebagai ikatan kebersamaan dengan orang yang disayangi seperti, keluarga, sahabat atau mungkin seseorang yang dicintai yang akan selalu terhubung seperti lingkaran.

Dan makna kebersamaan ini sangat sesuai dengan konsep lain dari amigo Pizza yaitu pizza for all  dimana konsumen dapat ikut menyumbang dalam kegiatan amal bulanan amigo Pizza ,dan delivery service, dimana konsumen dapat memesan pizza untuk pribadi ataupun mengirimkannya kepada orang-orang tersayang.

Lingkaran dalam logo ini juga bermakna melindungi ,kehangatan, dan kelengkapan, maksudnya, amigo Pizza akan selalu memberikan kenyamanan bagi konsumen dengan pelayanan yang baik dan ramah. Serta melindungi konsumen dengan hanya memberikan makanan dan minuman berkualitas dari bahan-bahan terpilih yang pasti aman bagi tubuh serta telah memiliki sertifikat layak konsumsi dari beberapa departemen terkait. Dan memberikan kelengkapan dalam hal pelayanan untuk konsumen. Ligkaran dalam logo ini juga merepresentasikan bentuk pizza yang bundar.

Dari segi tulisan :

  • Karakter

Sebenarnya, simbol berwarna merah yang ada ditengah lingkaran pada logo menunjukkan karakter aP, yaitu singkatan dari amigo Pizza sendiri. Hal ini bertujuan agar orang-orang dapat tetap mengenali apa sebenarnya nama yang dinaungi oleh logo tersebut , hanya melalui karakter yang ada pada bagian gambar logo. Karakter ini dibuat dari 1 buah lingkaran besar, 2 buah setengah lingkaran dan satu buah persegi panjang yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk huruf yang sesuai dengan inisial awal amigo Pizza. Pemilihan jenis huruf pun didasarkan pada karakter ini.

  • Jenis huruf / font

Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu alasan pemilihan jenis font Broadway untuk penulisan amigo Pizza adalah menyamakan font drngan bentuk dari karakter yang ada ditengah logo. Pemilihan jenis font ini juga tak lepas dari filosofinya. Pertama kali dirilis pada tahun 1929, Broadway memancarkan suasana Twenties Roaring. Stroke tebal hitam di kiri setengah karakter seperti ‘O’ ‘B’ dan membuat letterforms abstrak dan hias. Dimana stroke tebal dan tipis bertemu, sudut letterforms fitur daripada kurva, mirip dengan cara memperlakukan Art Deco bentuk alami. Broadway sangat ideal untuk desain poster dekoratif dan bahan layar. Dengan tidak descenders dalam huruf kecil yang letterforms, Broadway menerima menggarisbawahi berani tanpa kesulitan biasa menghilang descenders. Selain itu, karena kontras yang tinggi, Broadway tetap terlihat di latar belakang kepadatan serupa, sehingga ideal untuk bekerja berwarna-warni. Sebagai contoh, huruf hijau pada latar belakang biru akan sulit untuk dibaca jika font itu Arial, tapi warna yang sama akan lebih mudah untuk membaca dengan teks di Broadway.

Dari segi warna :

  • Warna background

Warna putih pada background melambangkan warna yang bersih dan netral. Maksudnya, amigo Pizza ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai lanjut usia. Dan juga menawarkan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, mulai dari kalangan menengah dan menengah keatas. Juga selalu memperhatikan kebersihan, bersih dari segi keamanan (keamanan sangat terjamin), dari segi manajemen restoran, dari segi hukum (sertifikasi dan pembayaran pajak) dan tentunya bersih dari segi restoran dan makanannya.

Warna putih adalah warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun. Warna putih di situs web banyak dipakai sebagai warna background teks hitam. Sebab pengunjung akan lebih mudah untuk membacanya.

  • Warna pada simbol

Warna hitam yang digunakan dalam lingkaran dasar pada logo ini melambangkan hal yang tegas dan eksklusif. Maksudnya, amigo Pizza selalu konsisten dan tegas padamsetiap hal yang dijanjikan kepada konsumen. Dan bersifat ekslusif karena amigo Pizza hanya menyajikan makanan dari bahan-bahan terbaik. Hitam disini juga bisa mengandung makna rahasia yang mengandung arti bahwa amigo Pizza selalu menjaga kerahasiaan resep sehingga rasa makanannya tidak akan mudah dijumpai di tempat lain.

Warna merah pada lingkaran, font dan karakter aP melambangkan semangat yang berkobar-kobar dalam malayani konsumen. Merah jika dikombinasikan dengan Putih (paa background), akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental. Ini juga dapat berarti amigo Pizza akan memberikan kebahagiaan bagi para konsumen. Warna merah juga mudah menarik perhatian dan meningkatkan nafsu. Karena itu, bisnis makanan banyak menggunakan warna dominan merah karena ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pembeli, seperti pada logo amigo Pizza. Warna merah juga melambangkan ‘cinta’, yang selalu diberikan oleh  kepada amigo Pizza konsumennya.

Dalam pemakaian teks, warna merah pasti akan lebih menarik perhatian dibanding warna lain.

Sumber :

Endang Endratman, S.T., 2008, Tips & Trick Graphic Design.

http://id.wikipedia.org/wiki/Logo

http://www.ahlidesain.com/kontribusi-warna-bagi-kehidupan-dan-karya-desain-komunikasi-visual.html

http://www.ahlidesain.com/memahami-teks-dalam-karya-desain-komunikasi-visual.html

http://www.ahlidesain.com/tag/logo-tutorial

http://nitayunartiblog.blogspot.com/2011_02_01_archive.html

http://www.scribd.com/doc/25356168/Lingkaran-Dan-Isi-Pengertiannya

http://www.selimutmaya.com/arti-warna-dalam-desain-grafis.html

http://surianto.wordpress.com/2010/12/30/studi-bentuk-makna-lingkaran-dan-bentuk2-lain/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s