Penerapan Komputasi Modern

Pada bagian ini, saya akan memberi contoh mengenai penerapan komputasi modern. Seperti yang sudah dijelaskan pada posting sebelumnya, komputasi modern memiliki beberapa jenis. Namun, jenis yang paling sering dipergunakan pada jaman sekarang ini adalah cloud computing komputasi awan).

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Contoh penerapan cloud computing dilakukan oleh salah satu perusahaan yang bergerak dibidang massa dan merupakan yang terbesar di Indonesia yaitu Toko Buku Gramedia yang tergabung dalam jaringan toko buku dalam perusahaan Kompas Gramedia.

Penerapan cloud computing yang dapat dilihat misalnya kemampuannya dalam pencarian (searching) dan pembelian buku online yang dapat diakses dimana saja. Tidak hanya melalui web di komputer, tetapi juga dapat diakses di ponsel maupun tablet pc yang dapat terkoneksi dengan internet.

Berikut adalah tampilan awal website :

gramed1

Terdapat dua cara untuk pencarian item yang kita inginkan. Cara pertama yaitu ada pada menu yang sudah dikelompokkan sesuai dengan jenis barang yang dijual. Jika, kita memilih menu buku, maka akan muncul sub menu mengenai jenis buku yang kita inginkan. Seperti gambar berikut :

 gramed2

Berikut contoh tampilan jika kita ingin melihat buku apa saja yang termasuk dalam jenis buku komputer bagian programming :

gramed3

Dibagian yang dilingkari bisa dilihat bahwa kita dapat memilih jenis pencarian untuk buku komputer programming berdasarkan favorit, top seller (penjualan terbaik), new arrival (buku baru), price (harga, mulai dari yang termurah), dan name (judul buku sesuai abjad alfabet).

Cara kedua adalah dengan langsung melakukan pencarian pada search bar yang ada di pojok kanan atas halaman web. Misalnya kita ingin melakukan pencarian buku yang menjelaskan tentang CodeIgniter, seperti berikut :

gramed4

Maka akan didapat hasil :

gramed5

Itu untuk service dalam hal pencarian (searching). Selain dapat melakukan pencarian, kita juga dapat melakukan transaksi pembelian buku secara online.

Caranya, pertama-tama kita harus membuat akun baru dengan cara memilih menu sign-in yang ada di bagian paling atas halaman web. Kemudian isi semua data yang diminta, terutama alamat.

gramed7

Kemudian, pilih buku dan klik add to chart untuk mengisi daftar belanja di account anda

gramed8

Kemudian, masuk ke halaman shopping chart anda dengan memilih menu shopping chart yang ada dibagian paling atas halaman. Maka, keranjang belanja anda akan terisi. Jika anda ingin melanjutkan transaksi pembelian, pilih menu checkout.

gramed9

Kemudian isi data dan pilih continue sampai step terakhir (receipt)

gramed10

Barang yang dipesan pun siap diantarkan ke alamat anda. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran sesuai yang telah dikonfirmasi pada saat pemesanan online.

Komentar :

Menurut pendapat saya, website Gramedia ini sudah sangat baik terutama dari segi penyediaan pelayanan (service) misalnya dalam hal pencarian (searching) maupun pembelian buku secara online. Alur yang mudah dimengerti membuat user dari berbagai kalangan dapat menggunakan segala fasilitas yang ada dengan baik. Untuk faktor keamanan juga sangat terjamin, contoh kecilnya saja. Kita tidak dapat mengakses menu diluar halaman web utama (mis. buka tab baru). Kita harus membuka web ini untuk satu halaman saja, jika tidak akan muncul pesan berikut :

gramed

Hal tersebut membuktikan bahwa keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam website ini. Selain itu, yang paling utama adalah kemudahan dalam mengakses website ini. Karena menggunakan konsep cloud computing, pengaksesan web dan segakla fasilitas yaang ada didalamnya tidak hanya dapat dilakukan pada pc komputer. Laptop saja, namun juga dapat diakses melalui ponsel atau tablet pc yang terkoneksi dengan internet. Sehingga, user dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Dengan konsep ini, selain konsumen dipermudah dalam mencari apa yang diinginkan maupun berbelanja, pihak gramedia pun dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar selain yang didapat dari penjualan langsung di toko.

Kekurangan dari website ini adalah tampilan interface yang menurut saya masih bisa dibuat lebih menarik lagi. Selebihnya sudah sangat baik.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan#cite_note-4

http://gramediaonline.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s