Contoh Lain – Penerapan Komputasi Modern

Contoh lain penerapan komputasi modern adalah di dibidang kesehatan, khususnya website rumah sakit. Disini, saya menggunakan contoh website Rumah Sakit Pusat Pertamina (http://www.pertaminahospital.com/).

Penerapan komputasi modern khususnya cloud computing dapat dilihat dari pncarian jadwal dokter dan juga pasien dapat membooking jadwal (melakukan pendaftaran) secara online.

 

Berikut adalah tampilan awal website :

Tampilan Awal Website  

Untuk pencarian (search) dapat dilakukan dengan memilih pada menu utama yaitu Jadwal dokter atau pada sidebar yaitu Praktek Dokter. Output yang ditampilkan sama. Berikut ini adalah pencarian jadwal dokter menggunakan menu utama.

Pertama-tama, pilih jadwal dokter. Kemudian, pilih spesialisasi maka akan muncul nama dokter berdasarkan spesialisasinya. Lalu, pasien cukup memilih nama dokternya, informasi mengenai dokter tersebut lengkap dengan jadwalnya akan tampil seperti gambar berikut :

 

 2

  3

  4

Untuk booking jadwal, fasilitas ini sebenarnya hanya berlaku apabila pasien sudah mendaftar sebelumnya dan memperoleh kartu pasien. Pasien cukup mengisi data pada formulir yang tersedia seperti nama, nomor kartu, tempat tanggal lahir, alamat, telepon, email, via contact, pilih poliklinik yang diinginkan, pilih dokter, formulir seperti pada gambar berikut :

5

Komentar :

Menurut saya, website ini sudah cukup baik. Pasien dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang dokter dan pasien dapat mencari dokter berdasarkan spesialisasi, sehingga mempercepat pencarian sesuai dengan kebutuhan pasien. Satu hal yang menjadi perbedaan situs Rumah Sakit Pusat Pertamina dengan situs rumah sakit lainnya adalah, adanya layanan booking jadwal (pendaftaran secara online). Hal ini sangat memberi kemudahan pada pasien apalagi untuk pasien yang bertempat tinggal cukup jauh dari rumah sakit. Walaupun saya belum pernah menggunakan fasilitas ini, salah seorang teman saya yang selalu memeriksakan diri di rumah sakait tersebut mengatakan bahwa pendaftaran online jauh lebih praktis. Dan karena pasien sudah mendafar terlebih dahulu melalui pendaftaran online, saat sampai dirumah sakit pelayanannya akan lebih cepat dilaksanakan.Namun, ada kekurangan pada website ini terutama dalam hal pencarian jadwal dokter. Karena, pasien harus mencari jadwal berdasarkan nama dokter sedangkan tidak semua pasien mengenal dokter tertentu apalagi jika pasien hanya ingin mengetahui jadwal dokter umum atau hanya ingin mengetahui siapa saja dokter yang bertugas pada hari tertentu. Pencarian berdasarkan nama dokter memang dapat mempermudah untuk beberapa hal. Tapi, alangkah lebih baik jika pencarian hanya didasarkan pada spesialisasi sehingga, output yang dikeluarkan adalah nama-nama dokter sesuai spesialisai beserta jadwalnya.

 

 

 

 

2 thoughts on “Contoh Lain – Penerapan Komputasi Modern

  1. Ping-balik: Penerapan Komputasi Modern | dewimelati

  2. Ping-balik: Contoh Lain Penerapan Komputasi Modern | hakkajiten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s