[Rekomendasi] Kimi Ni Todoke – Cerita Ringan untuk Hiburan

Berhubung kemarin muncul kebiasaan baca-baca komik untuk melepas stres sebentar gara-gara skripsi, jadi baca komik ini lagi deh…

Manga

kimi-ni-todoke

Kimi Ni Todoke Manga

Kimi ni Todoke (From Me To You/Menggapaimu) adalah Manga (komik Jepang) yang ber-genre shoujo (komik untuk remaja perempuan) karya Shiina Karuho yang menceritakan tentang kehidupan seorang remaja perempuan bernama Kuronuma Sawako.

        Sebenarnya komik ini bercerita hampir sama dengan manga shoujo ber-setting sekolah lainnya. Seperti kehidupan sekolah, adanya murid populer (dalam arti positif dan negatif), persahabatan, keluarga, dan percintaan khas remaja yang masih canggung dan malu-malu.

Yang menjadikan cerita dari komik ini berbeda adalah tokoh utama perempuannya. Kuronuma Sawako dibuat menjadi seorang tokoh perempuan yang sedikit menyeramkan layaknya hantu dalam film horor ternama Jepang The Ring, Sadako. Sawako sebenarnya remaja yang sangat baik, selalu mengurus dan membantu temannya tanpa teman-temannya sadari, pintar memasak dan melakukan pekerjaan rumah tangga dan murid yang pintar di sekolah. Awal mula ia dipanggil Sadako adalah karena teman masa kecilnya saat SD secara tidak sengaja memanggilnya dengan ‘Sadako’ bukan ‘Sawako’. Setelah itu muncul gosip yang tidak-tidak dan gosip itu berkembang menjadi sangat besar hingga Sawako mulai memasuki kehidupan SMA. Seperti, jangan melihat mata Sawako selama 3 detik kalau tidak ingin terkena nasib buruk, Sawako dapat melihat dan memanggil hantu, Sawako dapat mengutuk seseorang dan sebagainya. Ditambah lagi, jika Sawako gugup, ia akan membuat wajah yang menyeramkan sehingga memperkuat gosip yang ada. Hal itu membuat Sawako sulit bergaul dan tidak mempunyai teman dekat hingga SMA.

rkimi_ni_todoke_v01_ch00_pg006

Kimi ni Todoke Manga (Chapter 00)

Komik ini lebih menitikberatkan perjuangan Sawako yang ingin berbaur dengan teman sekolahnya, dan hal itu dipermudah berkat teman sekelasnya Kazehaya Shota yang sebenarnya menyukai Sawako sejak upacara masuk sekolah. Berkat dukungan Kazehaya, Sawako mulai membuka diri dan akhirnya memiliki beberapa teman dekat yaitu Yano Ayane,Yoshida Chizuru dan Sanada Ryu. Cerita persahabatan antara Sawako-Chizuru-Ayane, Kazehaya-Ryu, Chizuru-Ryu dikemas secara menarik. Selain persahabatan, komik ini juga diwarnai kisah cinta canggung khas remaja antara Sawako dan Kazehaya, walaupun ada sedikit gangguan dari Kurumizawa Ume yang merupakan teman yang satu SMP dengan Kazehaya.

Selain itu, unsur komedi juga disisipkan secara baik dalam komik ini sehingga komik ini menjadi lebih ringan untuk dibaca. Jadi, komik ini bisa menjadi alternatif hiburan bagi yang ingin bacaan ringan yang masih mengandung unsur romansa-nya. Saat ini komik Kimi ni Todoke masih berlanjut (belum tamat).

Anime

kimi-ni-todoke-1

Kimi ni Todoke Anime (Season 1)

Selain manga (komik) Kimi ni Todoke juga mulai disajikan dalam bentuk Anime (kartun Jepang) dan diputar dalam dua season (musim/bagian). Season 1 diputar antara bulan Oktober 2009-Maret 2010 dengan 25 episode sedangkan Season 2 diputar mulai Januari 2011 dengan 12 episode, masing-masing diputar di stasiun televisi NTV Jepang.

file13686979061

Kimi ni Todoke Anime (Season 2)

Pada Season pertama, diambil berdasarkan komik mulai chapter 00 sampai chapter 27 dimana lebih menceritakan perjuangan Sawako untuk berteman. Sedangkan Season kedua diambil dari chapter 27 sampai chapter 43 dimana menceritakan tentang Sawako yang mulai menyadari perasaannya pada Kazehaya dan perjuangannya untuk meraih cintanya. Selain itu, ada sedikit tambahan cerita di episode 12 (final episode season 2) yang diambil dari manga chapter 46 tentang kencan pertama Sawako dan Kazehaya. Belum ada konfirmasi untuk Season 3, walaupun banyak penggemar (termasuk saya) yang berharap season 3 segera dibuat.

Movie

tumblr_lid5sbDYJs1qaw6hy

Kimi ni Todoke Movie

Nggak cuma manga dan anime, Kimi ni Todoke juga dibuat Live Action dalam versi movie (film) bioskop dengan judul yang sama. Film ini dirilis di bioskop Jepang tanggal 25 September 2010 dan sudah dirilis dalam versi Blu-Ray dan DVD pada tanggal 11 Maret 2011.

20qbcyd

Kimi ni Todoke Movie Poster

Pemeran film ini antara lain :

  • Tabe Mikako sebagai Kuronuma Sawako
  • Miura Haruma sebagai Kazehaya Shota
  • Watanabe Natsuna sebagai Yano Ayane
  • Renbutsu Misako sebagai Yoshida Chizuru
  • Aoyama Haru sebagai Sanada Ryu
  • Arata sebagai Kazuichi “Pin” Arai (wali kelas 1-D), dan
  • Kiritani Mirei sebagai Kurumizawa Ume
kimi_n10

Kimi ni Todoke Movie Cast
kiri ke kanan : Tabe Mikako (Kuronuma Sawako),Miura Haruma (Kazehaya Shota),Renbutsu Misako (Yoshida Chizuru),Watanabe Natsuna (Yano Ayane),Aoyama Haru (Sanada Ryu),Kiritani Mirei (Kurumizawa Ume)

 Walaupun ada sedikit perbedaan dalam cerita karena film ini hanya mengambil beberapa bagian tertentu dari komik dan dihubungkan juga diakhiri dengan jalan cerita yang baru (tidak ada di komik), namun film ini sangat bagus dan cukup menarik untuk ditonton (rekomendasi pribadi-berhubung udah nonton). Selain itu, pemerannya sangat mirip dengan karakter komiknya terutama dari segi penampilan. Jadi, untuk yang sudah menggemari Kimi ni Todoke dari versi manga dan anime (seperti saya) nggak bakalan ‘kecewa-kecewa banget’ sama film ini, soalnya ‘biasanya’ pemain live action adaptasi manga penampilannya nggak terlalu cocok sama karakter manga-nya.

tumblr_mc5t5vit0p1rcl6oto1_500

Kimi ni Todoke Manga-Anime-Movie Comparison Scene

Jadi, saya merekomendasikan Kimi ni Todoke baik itu manga, anime atau live action movie-nya untuk teman-teman yang ingin hiburan baru. Terutama untuk teman-teman yang memang sudah menggemari manga atau anime Jepang.

One thought on “[Rekomendasi] Kimi Ni Todoke – Cerita Ringan untuk Hiburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s